09- EDITOR

rizky broadcaster

SEJARAH EDITING

Kenapa perlu tahu sejarah editing? Karena ada orang-orang yang ketika membuat film, mereka menggunakan konsep-konsep dalam pembabakan sejarah editing. Ada tiga periode atau tiga jaman dalam sejarah editing, yaitu realisme, classicisme, dan formalisme. Pada jaman realisme belum ada editing. Tokohnya ya itu tadi, Lumier. Antara jaman realisme dan classicisme sudah dimulai yang namanya cutting to continuity. Cut kalau di editing itu kan artinya menyambung atau memotong. Nah, kalau cutting to continuity itu maksudnya motong untuk nyambung cerita dan ada set yang berubah. Sudah mulai ada cerita yang mau dibangun. Tokoh yang menjadi pelopor cutting to continuity itu namanya Melias. Terus jaman classicisme. Nah di jaman ini editing yang dilakukan udah bener-bener editing. Di jaman ini yang ada gak cuma cutting to continuity, tapi juga udah mulai cutting to clarify, cutting to underline, cutting to connect, dan cutting to dramatize. Tokoh jaman ini adalah DW Griffith. Dia adalah Bapak Film. Dia udah mulai gunain cutting, close up, intinya udah mulai ada dramatisasi, misalnya kalau di panggung itu lagi adegannya cewek nangis, ya di-close up ke cewek itu. Sebenarnya sama antara Melias sama Griffith itu berangkatnya dari pentas panggung. Tapi kalau Melias, kameranya itu dibikin wide terus, jadi semua yang ada di pentas panggung itu kelihatan. Entah itu nangis, entah itu marah, tetep gitu aja kameranya. Tapi kalau Griffith dah mulai ada dramatisasi. Kalau lagi adegan sedih, dia close up cewek nangis. Jaman ini beda sama jaman cutting to continuity.

 

SELOGAN PARA EDITOR AVC MEDIA PRODUCTIONS :

PANTANG PULANG SEBELUM TAYANG.

rizky broadcaster editor

 

Beberapa Istilah Dalam Video Editing

1. Capture Device adalah alat atau perangkat keras yang mengubah atau mengkonversi video analog ke video digital

2. Compressors and codec adalah perangkat lunak atau program yang memadatkan atau menghilangkan compress atau pemadatan untuk membuat ukuran video menjadi lebih kecil.

3. Editing adalah proses mengubah dan memanipulasi serta mengumulkan video klip, audio track, grafik dan material lain menjadi suatu paket tayangan yang menarik dan baik. Editing juga membuat transisi antar klip editing menjadi bagian dari proses post produksi atau pasca produksi

4. Edit Decision List (EDL) adalah daftar keputusan mengenai hal-hal yang dimasukan atau dikeluarkan dalam proses editing.

5. Encoding adalah proses mengubah video klip dalam format tertentu. Seperti format 3GP menjadi format AVI. WMV, MPEG, DAT.

6. Linier Editing adalah suatu metode editing yang mengubah video klip dari tape satu ke tape yang lain sesuai hasil yang diharapkan. Linier editing juga di kenal sebagai tape to tape.

7. Non Linier Editing adalah suatu metode editing yang mengunakan perangkat lunak komputer untuk mengubah atau mentransfer video dari kamera ke komputer.
8. Transitian adalah jalan atau cara mengubah/memadukan satu shot ke shot berikutnya.

9. Post production adalah segala sesuatu yang terjadi pada video atau audio klip stelah produksi atau setelah video klip atau audio klip direkam . Post production atau pasca produksi meliputi pekerjaan mengedit video dan audio, dimana memberikan judul, membuat grafik dan efek serta menyusun atau mengoreksi video tersebut selain itu juga menyesuaikan warna.

Sumber : https://asiaaudiovisualra09nizwarrivan.wordpress.com/

 

2 Edit IBEX 2013

 

DEFINISI DAN TUJUAN EDITING


Definisi

Editing adalah proses menggerakan dan menata video shot/hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk dilihat. Secara umum pekerjaan editing adalah berkaitan dengan proses pasca produksi, seperti titling, colour correction, sound mixing, dsb.

Istilah editing telah dikenal luas dan banyak orang memberi pemahaman sendiri. namun dalam pelajaran ini kita sepakat editing berkaiatan dengan kerja-kerja dibawah ini:
1. Menata, menambahkan atau memindahkan klip video atau klip audio.

  1. Menerapkan colour correction, filter dan peningkatan yang lain.
  2. Membuat transisi antara klip.

Tujuan editing

Ada banyak alasan kita melakukan pengeditan dan pendekatan editing sangat bergantung dari hasil yang kita inginkan, yang terpenting adalah ketika kita melakukan pengeditan, pertama adalah menetapkan tujuan kita melakukan editing. Namun, secara umum, tujuan editing adalah sebagai berikut:

  1. Memindahkan klip video yang tak dikehendaki.
  2. Memilih gambar dan klip yang terbaik.
  3. Menciptakan arus.
  4. Menambahkan efek, grafik, musik dll.
  5. Mengubah gaya dan suasana hati dan langkah dari gambar.
  6. Memberikan sudut yang menarik bagi hasil rekaman.

Metode Editing

Ada beberapa metode dalam pengeditan video dan masing-masing metode ini mempunyai proses yang berbeda. Meski saat ini, metode non linear editing paling banyak digunakan, utamanya para editor profesional, ada baiknya bagi kita mempelajari berbagai metode editing ini.

  1. Film splicing/penyambungan film

secara teknis ini bukanlah video editing, tapi film editing. Namun, amat penting bagi kita untuk mengetahui metode ini karena, metode ini adalah metode edit pertama yang mengedit gambar-gambar bergerak atau hidup dan secara konseptual, metode ini adalah dasar dari semua editing video.
Secara tradisi, metode ini dilakukan dengan memotong bagian film, mengolahnya dan membuang bagian yang tak diperlukan. Proses sangat langsung dan mekanikal. Secara teori, penyambungan film dilakukan dengan gunting dan tape peyambung, namun kenyataannya, menggunakan mesin penyambung banyak dilakukan dan menjadi solusi praktis.

  1. Tape to tape (linear)

Metode linear adalah metode origin elektronik sebelum penggunaan komputer dikenal pada sekitar tahun 1990. Meski saat metode ini tidak mejadi pilihan favorit, tapi dalam hal-hal tertentu motode ini masih banyak digunakan. Ketrampilan dalam metode editing ini diyakini akan sangat bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang. Dalam metode linear adalah mengcopy secara selektive dari satu tape ke tape yang lain. Dalam metode ini setidaknya digunakan dua tape, satu sebagai sumber dan satu sebagai perekam/recorder.

  1. Digital/komputer (non linear)

Dalam metode ini, gambar atau clip ditangkap dan disimpan dalam hardrive/harddisk dan diedit dengan menggunakan perangkat lunak/program atau software tertentu. Namun, setelah editing selesai, gambar kembali dipindahkan ke kaset tape atau ke optikal disk/cd. Metode ini mempunyai keuntungan yang signifikan dari linear editing. Khususnya, karena metode ini sangat flexibel. Editor dapat mengedit gambar sesuka hati dan tidak perlu dilakukan secara linear-inilah sebabnya metode disebut non linear.
Kekurangan dari metode ini, adalah amat bergantung pada perangkat keras/hardware dan perangkat lunak/software yang kita miliki.

  1. Live Editing

Dalam situasi tertentu, misal dalam kondisi siaran langsung, beberapa kamera dan video disambungkan dengan sentral mixing dan control, dan diedit dalam saat itu juga. Contoh paling real dari live editing ini adalah dalam siaran langsung yang kita lihat ditelevisi.

Tentang Video

Video merupakan gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu. gambar-gambar yang digabung tersebut dinamakan frame dan kecepatan pembacaan gambar disebut dengan frame rate, dengan satuan fps (frame per second). karena dimainkan dalam kecepatan yang tinggi maka tercipta ilusi gerak yang halus, semakin besar nilai frame rate maka akan semakin halus pergerakan yang ditampilkan. Lebih jauh mengenal frame rate. ketika serangkaian gambar mati yang bersambung dilihat oleh mata manusia, maka suatu keajaiban terjadi. jika gambar-gambar tersebut dimainkan dengan cepat maka akan terlihat sebuah pergerakan yang halus, inilah prinsip dasar film, video dan animasi.

Negara yang memakai format standar NTSC (national television standards comitte) yaitu amerika serikat, jepang, kanada, meksiko dan korea memiliki frame rate sebesar 30 fps (tepatnya 29.97 fps)

Untuk negara Indonesia, Inggris, Australia, Eropa dan China format video standar yang digunakan adalah format PAL (phase alternate line) dengan frame rate sebesar 25 fps.

Sedangkan negara perancis, timur tengah dan afrika menggunakan format video standar SECAM (sequential couleur avec memoire) dengan frame rate sebesar 25 fps.

Beberapa istilah dalam video editing

  1. Capture device : adalah alat atau perangkat keras yang mengubah atau mengkonversi video analog ke video digital
  2. Compressors and codec : adalah perangkat lunak atau program yang memadatkan atau menghilangkan. compress atau pemadatan untuk membuat ukuran video menjadi lebih kecil
  3. Editing : proses mengubah dan memanipulasi serta mengumpulkan klip video, audio track, grafik dan material lain menjadi suatu paket tayangan yang menarik dan baik. Editing juga membuat transisi antar klip. Editing menjadi bagian dari proses post production atau pasca produksi.
  4. Edit decision list (edl) : daftar keputusan mengenai hal-hal yang dimasukan atau dikeluarkan dalam proses editing.
  5. Encoding adalah proses mengubah klip video dalam format tertentu. misalnya format 3gp menjadi format avi, wmv, mpeg, dat.
  6. Linear editing : juga dikenal sebagai tape to tape editing. adalah suatu metode editing yang mengubah video klip dari tape satu ke tape yang lain sesuai hasil yang diharapkan.
  7. Non linear editing adalah suatu metode editing yang menggunakan perangkat lunak komputer untuk mengubah klip video.
  8. Transisi adalah jalan atau cara mengubah/memadukan satu shot ke shot berikutnya
    9. Post production adalah segala sesuatu yang terjadi pada klip video atau audio setelah produksi atau setelah klip video atau audio direkam atau dishooting. Post production atau pasca produksi meliputi pekerjaan mengedit video dan audio, memberikan judul, membuat grafik dan efek serta menyesuaikan atau mengoreksi warna.

 

Sumber : http://hari-sukabumi.blogspot.com/

 

 

metro tv (29)


24 Tanggapan to “09- EDITOR”

  1. saia selalu mentok kalo mau meng-edit hasil tulisan saia.entah cerpen atau novel yang ga jadi..
    saia bingung..
    kasih tau saia kalo ada seminar tentang broadcast ya..

    terima kasih

  2. Let Me Introduce My Self…

    I’am A Senior Editor / Promotion Producer at Transtv

    Cool for u, rizkybroadcaster..

    For further myusufhadiansyah@yahoo.com

    http://www.linkedin.com/in/myusufh

  3. jalo bos,aq mahasiswa broadcast di MMTC yogyakarta,aq kan sering tu sharring ma dosen dari jerman ma chat orang2 yang sering bikin animasi,mau tanya ni di indonesia ada g yang mengelola studio bwat motion capture?thanks

    • wah ada mas di jakarta di daerah tebet banyak bgt temen.2 yg main di motion dan grafis silakan aja cari infonya, kalo webnya ak gak tau tapi kalo temen.2 off air banyak mas dab bro heee.

  4. ada referensi buku2 ttg editing ga bos?klo ada kbrin y..thanks..

    • Kalo buku.2 mengenai editing pastinya ada, tapi kalo mau lebih simplenya kan udah ada cara petunjuk dan pengunaan software editing di software itu sndri. coba cari di softwarenya aja misalkan pake software editing adobe premiere CS 3 :
      cari menu help di halaman adobe premiere CS 3
      terus plih menu adobe help viewer 1.1
      atau Simplenya tekan aja huruf F1 wehwhwhw mudah bukan gak usah repot buat belajar. BEGITU AJA KOK REPOT heee
      karena belajar cukup melihat mendengar dan berfikir. salam sukses dan salam broadcaster mania.

  5. Adam (Editor Junior Ecclesia Production & Cakrisma, Editor Senior JendelaVisual)

    Salam broadcaster mania!!!

  6. mas kalo motion graphic standar broadcast biasanya pake apa ya?

  7. mas,saya okta, saya bru msk kuliah jurusan broadcast.
    saya mo nanya klo broadcast lowongan kerjanya banyak gag si mas.
    tlong dijawab ya mas.
    thanks..

  8. saya ingin melamar di bagian editor saya sudah mempunyai ijazah TVRI dan saya sudah punya pengalaman editor di perusahaan serenity terutama di bagian dokumentasi….kabarin saya yah di email saya deni.magay@yahoo.co.id.saya tunggu kabarnya.terima kasih

  9. menarik juga… mungkin ada pembahasan tentang peralatan untuk editing video-nya

  10. oke para brodcaster mania….salam kenal ada yang punya plugin avid (genart saphire 3) kalo ada link gratisan mohon di share…hehehehe

  11. 1.multicam

    2export :
    -data
    Master rendering
    DVD authoring

    -tape Print to tape
    DV to DV/DVcam
    DV to betacam/digibeta

    HD>DV?
    HD>Betacam/digibeta?

    syarat: card video harus mendukung
    passthrought lewat VTR
    interface DV/IEEE1394
    -SDI
    _analog Component

    3.Rendering

    • Setuju mas… tapi kalo untuk yang baru mulai sangat berat dg equipment seperti itu.
      Solusinya adalah ketika hasil postproduction sudah jadi dan beres. Print to tipe aja dengan kualitas DVCam PRO, mastering bisa di transfer ke Betacam atau digital batacam.

      Kami menyediakan untuk itu kok jika ada yang membutuhkan harga mastering 2jt untuk betacam dan 2.5jt untuk digital batacam. Super Digital Betacam 3Jt.

  12. Mas editor…sy pgen sperti anda n salam kenal dri putra Lombok..(+_-)
    oy softwere apa yg sring mas pke wktu editing..??? Thanks sblmx klo mw mnjawab…hehe

    • Silakan aja frend kordinasi saling mengisi diantara kekosongan.
      kalo komputer dan software editing, kami mengunakan i Mac dengan software Final Cut Pro 6.5 dan Avid Mojo untuk standard Postproduction Program Acara TV, Profile dan TVC.

      Untuk yang sifatnya Dokumentasi kami mengunakan PC dg software Adobe Premiere CS3.

  13. Mantapp…bertambah lagi pengetahuan aku tentang Editor ^_^

  14. salam broadcast mas…
    bisa gak ya saya ketemu sama mas rizky, sambil berbagi ilmu mas, karena saya juga masih blom begitu menguasai editing…hehe

  15. TOP URGENT

    PT Cipta TPI | Jalan Pintu II Taman Mini Indonesia Indah Jakarta 13810

    We are a fast growing national broadcasting company is currently seeking young and talented individuals to fill following position :

    EDITOR

    Requirements:
    • Candidate must possess Min. D-3 / S-1 in Advertising/Media, Mass Communications or equivalent.
    • Minimum GPA 2.75
    • Maximum Age 28 years old
    • At least 1 year of working experience in the related field is required for this position.
    • Having min. 1 year experience in the same field
    • Fresh Graduates are welcome to apply
    • Familiar with Editing Software: Adobe Premier, Avid, Final Cut Pro

    Please submit your CV, photographs and all supported documents with job position in subject of email
    To: HRD MNC TV
    Jl. Pintu II Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Pondok Gede, Jakarta Timur 13810

    Or via our email address:
    recruitment@mncgroup.com / rissa.sesari@mncgroup.com

  16. kak mau dong di ajarin brocasting,aku kan anak multimedia

  17. Sorry bang ya ganggu… Ane mau nanya ni bang, ane masih dalam proses pembelajaran sekarang kuliah di salah satu universitas jakarta, jurusan broascasting.. Ane cuma punya notebook bang, nah pertanyaan ane.. Bisa ga sih bang di notebook untuk editing dan kalo bisa tolong di bagi info nya bang.. Terima kasih bang.. Assalamualaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s