14- DJ’S MENJADI IDOLA

DJ’s Menjadi Idola…..

Seorang DJ beraksi “scratching” sebuah rekaman.

Seorang disc jockey (disebut juga DJ, atau deejay) adalah seseorang yang terampil memilih dan memainkan rekaman suara atau musik yang direkam sebelumnya untuk pada pendengar yang menginginkan.

Daftar isi

[tampilkan]

Asal mula DJ

Istilah DJ ini pertama kali digunakan untuk menggambarkan seorang peyiar radio yang akan memperkenalkan dan memainkan rekaman gramophone yang populer. Rekaman model ini, juga dikenal sebagai “cakram” dimana dalam industri ini dimainkan oleh peyiar-penyiar radio, oleh karena itu nama disc jockey dan selanjutnya lebih akrab dikenal sebagai DJs atau deejays. Sekarang karena berbagai faktor, termasuk musik yang dipilih, para pendengarnya, penyetelan kinerja, media yang digunakan dan perkembangan dari manipulasi suara, telah menghasilkan berbagai macam teknik DJ.

Apa yang dilakukan oleh seorang DJ

Aksi fisik daripada seorang DJ adalah memilih dan memainkan rekaman-rekaman suara disebut deejaying, atau DJing dan cakupan kesempurnaan dari memainkan secara sederhana satu seri rekaman-rekaman (terkait pengacaraan, atau menyusun sebuah daftar putar, sampai memanipulasi rekaman-rekaman, menggunakan berbagai teknik seperti audio mixing, cueing, phrasing, cutting, scratching, dan beatmatching, atau sering juga mengacu pada membuat komposisi musik asli.

Peralatan

Peralatan paling pokok yang diperlukan untuk seorang DJ untuk menjalankan aksinya terdiri dari:

  • Rekaman suara dalam berbagai medium (seperti piringan hitam, CD, file MP3 dsb)
  • Paling tidak mempunyai dua macam peralatan untuk memutar kembali (playback) rekaman-rekaman suara tersebut dan untuk tujuan memilih memainkan kembali rekaman secara maju mundur (seperti record players, compact disc players, mp3 players)
  • Sebuah sistem tata suara (Sound System) untuk menguatkan dan memperbesar volume suara (Seperti portable audio system, radio wave broadcaster)

Juga peralatan penunjang lain seperti sebuah pencampur (mixer) yang digunakan untuk mennyelaraskan dua atau lebih peralatan playback. sebuah mikropon yang digunakan untuk menguatkan suara manusia, dan headphone yang digunakan untuk mendengarkan rekaman sambil memutarkan player yang lain, tanpa kehilangan kontrol suara yang didengarkan pendengarnya, adalah sangat diperlukan. Macam-macam peralatan juga dapat ditambahkan , termasuk samplers, drum machines, effects processors, slipmats, dan Computerized Performance Systems.

Teknik-teknik dalam DJ

Ada berbagai macam teknik yang dapat diterapkan oleh seorang DJ untuk memanipulasi musik yang telah direkam sebelumnya. Disini termasuk mencampur suara (audio mixing), cueing, slip-cueing, phrasing, memotong musik (cutting), beat juggling, menggesek ( scratching), menyamakan ketukan (beatmatching), menjatuhkan jarum (needle drops), menggeser fasa (phase shifting), dan masih banyak lagi.

Kekuasaan DJ dan ekonomi

Sepanjang dekade 1950-an, payola telah menjadi masalah berkepanjangan. Bagian terparah dari skandal payola tersebut adalah kekuasaan yang lebih terhadap musik oleh manajemen stasiun. Bentuk baru Top 40 juga dimunculkan, dimana lagu-lagu yang populer diputar berulang-ulang. Sekarang, hanya sedikit dari beberapa DJ di Amerika Serikat mempunyai kuasa melalui apa yang diputarnya di udara. Daftar putar (playlist) dikontrol sangat ketat, dan para DJ seringkali tidak diijinkan membuat perubahan atau penambahan. Lagu-lagu yang diputar biasanya dipilih berdasarkan algoritma komputer dan teknik otomasi seperti lacak suara (voice tracking) mengijinkan seorang DJ untuk mengirimkan pemberitahuan melalui banyak stasiun. Walaupun kadangkala lagu-lagu yang diinginkan seringkali dapat digantikan oleh sistem ini. Sebuah lagu mungkin diumumkan sama seperti permintaan DJ walaupun baru saja dimunculkan dalam daftar putar. Secara ekonomis, rumusan ini telah mencapai sukses disemua penjuru negeri. Namun bagaimanapun, musik seperti ini secara praktikal kelihatan memuakkan dan yang mana orang-orang banyak yang mencari-cari bentuk bebas dalam format stasiun radio yang memposisikan kembali kontrol para DJ, atau mengakhiri radio terestrial dan kemudian beralih ke layanan radio satelit atau pemutar musik portabel seperti iPods. Stasiun radio kampus (College radio) dan radio publik yang lain adalah tempat-tempat yang paling umum untuk bentuk bebas daftar putar di Amerika Serikat .

Macam-macam DJ

Dalam pengertiannya, aksi memilih dan memainkan rekaman suara untuk pendengar yang menginginkan adalah sama untuk setiap DJ. Musik yang dipilihnya, Media yang digunakan, dan tingkatan kesempurnaan dari manipulasi suara adalah faktor-faktor yang membuat tipe DJ yang berbeda-beda. Daftar dibawah ini adalah sebuah daftar dari berbagai tipe paling pokok dari DJ, melalui setiap catatan yang perlu diperhatikan, terdaftar secara kronologis berdasarkan tanggal lahirnya.

DJ-DJ Radio

Seorang disc jockey radio adalah seseorang yang memilih dan memainkan musik yang kemudian dipancarluaskan melalui gelombang radio.

Para DJ Radio yang terkenal

  • Christopher Stone (1882–1965),menjadi DJ pertama di the United Kingdom pada tahun 1927.
  • Martin Block (1901-1967), DJ Radio pertama yang menjadi bintang, menginspirasikan istilah “Disco Jockey”.
  • Alan Freed (1922-1965), menjadi orang pertama yang memperkenalkan musik Rhythm and Blues bangsa Afrika-Amerika di Amerika Serikat dan Eropa dibawah nama Rock and Roll.
  • Murray “The K” Kaufman (1922-1982), DJ rock and roll berpengaruh untuk pertama kalinya dibayar sebagai the “Fifth Beatle”.
  • Rog Martin (lahir pada tahun 1941), DJ pertama yang memutar hit-hit Top 40 di Stereo pada tahun 1968.Sebuah stasiun radio di Los Angeles menjadi buktinya.
  • Jimmy Savile (lahir pada tahun 1926), sangat terkenal dalam acara televisi BBC bernama Jim’ll Fix It yang mengabulkan permintaan penggemarnya yang kebanyakan anak-anak.Pada tahun 1947 dia menjadi DJ pertama yang menggunakan turntable kembar untuk memutar kontinyu setelah dia membayar seorang pekerja logam setempat untuk mengelas dua deck rekaman menjadi satu.
  • Dick Clark,seorang entertainar,lahir pada tahuan 1929,pembawa acara pada American Bandstand,acara musik di televisi dengan masa tayang terlama,dikenal baik sebagai salah satu yang menyatukan acara radio secara nasional.
  • Casey Kasemlahir pada tahun 1932,seorang DJ dan ahli sejarah,pembawa acara radio terlama yaitu TOP 40.Juga dikenal sebagai pengisi suara Shaggy di serial kartun Scooby-Doo
  • Wolfman Jack (1938-1995), keluar dari kecintaannya pada film-film horor dan rock and roll untuk menciptakan suara aneh,yang sangat disukai,salah satu suara radio yang paling disenangi.
  • John Peel (1939-2004).salah satu DJ asli dari acara radio BBC Inggris,Radio 1,dikenal sebagai seorang yang sangat luar biasa pada kesukaannya terhadap musik dan menjuarakan artis-artis yang tidak dikenal.
  • Jim Ladd (born 1948), dikenal sebagai salah satu DJ freefrom rock di radio komersial Amerika Serikat

Lihat juga: kategori:DJ Radio

Para DJ kamar tidur (Bedroom’s DJ)

Seseorang yang mempunyai peralatan (seperti turntables, mixer, CDJ dsb) dan mempunyai kesabaran untuk musik, namun tidak dimainkan di tengah keramaian bar atau acara khusus. malahan, mereka lebih suka memainkan musik mereka dirumah temannya, merekam mixtapes atau melalui internet via perangkat lunak broadcasting suara, seperti shoutcast.

DJ-DJ klub

Seorang DJ klub adalah seseorang yang memilih dan memainkan musik dalam sebuah setelan klub. Setting dapat bermacam-macam mulai dari klub kecil, pesta tetangga, disko, atau acara dalam stadion.

DJ-DJ Klub yang terkenal

DJ Paul Oakenfold

Lihat juga: kategori:DJ Klub

DJ-DJ Hip-Hop

Artikel utama: Turntablism

Seorang DJ Hip hop adalah seseorang yang memilih,memainkan dan menciptakan musik dan juga sebagai seorang artis hip hop dan atau juga pembawa acara,biasanya membantu satu atau lebih MCs.

DJ-DJ Hip Hop terkenal

  • DJ Kool Herc (lahir pada tahun 1955),penemu daripada teknik breakbeat,adalah “the father of hip hop culture”,bapak dari budaya hip hop.
  • Grandmaster Flash (lahir pada tahun 1958), salah seorang pioner terbaru pada hip-hop DJing, cutting, and scratching.Menciptakan teknik Quick Mix dimana mengijinkan seorang DJ,memperpanjang sebuah “break” menggunakan dua kopi rekaman yang sama;dimana sangat esensial dengan ditemukannya turntablism modern
  • Afrika Bambaataa (born 1960), instrumental dalam perkembangan hip hop dari sejak lahir di Bronx selatan sampai sukses di kancah internasional.Menciptakan track hip hop pertama dengan dilengkapi synthesizers; “The godfather of Hip Hop”.
  • Jam Master Jay (1965-2002), pendiri dan DJ dari Run-DMC, salah satu grup hip hop paling inovatif dari masa ke masa.
  • Eric B. (born 1965), setengah dari duo Eric B. & Rakim,mempopulerkan sampel funky hip hop James Brown di akhir 1980-an.
  • Terminator X (born 1966), DJ dari grup hip hop paling berpengaruh yaitu Public Enemy.
  • DJ Qbert (lahir pada tahun 1969),anggota pendiri dari grup turntablism, adalah seorang Invisibl Skratch Piklz dan pemenang tiga kali International DMC Award.
  • Mix Master Mike (lahir pada tahun 1970), DJ yang terampil dari grup Beastie Boys, pemenang tiga kali dari International DMC Turntablism Award.
  • DJ Jazzy Jeff (lahir pada tahun 1965), adalah DJ Jazzy Jeff and the Fresh Prince (yang juga membantu Will Smith dalam usaha solo karirnya)

lihat juga: kategory:DJ-DJ Hip Hop


3 Tanggapan to “14- DJ’S MENJADI IDOLA”

  1. sebenarnya banyak banget orang yang nggak aware dengan pake _title_ atau nama DJ ya… sayang sekalee… DJ = Disc Jockey so…. yang lazim dan layak disebut DJ, adalah orang yang bekerja memutar dan mixing Disc, seperti layaknya d Live DJ di Discotheque. Sementara seorang penyiar radio… sebenarnya SAMA SEKALI BUKAN DJ. Adanya Announcer, Reporter, dan Operator…. hanya saja, orang SUDAH TERLANJUR SALAH KAPRAH, akan tetapi istilah ini kemudian terus digunakn, sehingga orang menangkap dalam dua arti

    sorang penyiar radio juga merupakan Broadcaster, secara formalnya sih…… seorang penyiar radio atau broadcaster dididik sebagai WHOLE BROADCASTER, mampu siaran dengan intonasi, aksentuasi dan artikulasi yang jelas, mampu menjadi operator, mampu menjadi reporter dan jurnalis yang mumpuni. Bagaimana menyusun berita dengan dua piramida, menyusun feature atau re-writing. Seorang broadcaster juga dibekali dengan pengetahuan tentang lagu yang meliputi beat, genre, composition, dan background lagu itu sendiri…

  2. yeah u good man..!!

  3. yg tinggi2 aja mas………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s